Situs Megalitik Gunung Padang

Situs Megalitik Gunung Padang

Situs Gunung Padang merupakan situs peninggalan prasejarah zaman batu megalitik terbesar di Asia Tenggara dengan luas bangunan purbakalanya mencapai 900 m² dan areal situs nya sekitar 3 Ha. Tepat di puncak gunung ini, banyak bebatuan berserakan dengan denah mengkerucut dalam 5 teras, diperkirakan bebatuan tersebut berusia pada tahun 4000-9000 SM (Sebelum Masehi).

Situs megalitik ini sendiri berasal dari masa di tahun 2500 - 4000 SM. Ini berarti bangunan di situs ini telah ada sekitar 2.800 tahun sebelum dibangunnya Candi Borobudur di Jawa tengah. Bahkan, usia situs megalitik ini lebih tua dari Machu Picchu di atas lembah Urubamba, di Peru. Diperkirakan Situs megalitik Gunung Padang ini sezaman dengan bangunan pertama Piramida di Mesir.

Aktivitas
Bulatkan tekad Anda untuk mengunjungi Situs Megalitik Gunung Padang yang menjadi sebuah warisan peradaban Indonesia yang menakjubkan. Jangan kalah dengan para wisatawan asing yang terkagum-kagum melihat situs yang luar biasa ini. Anda dapat melihat langit indah malam hari di bawah riuhnya jutaan bintang tepat di tengah Galaksi Bima Sakti yang dikawal rasi Serpens dan Aquila yang mewakili dunia bawah dan atas.

Situs megalitik ini dikelilingi oleh lembah-lembah yang sangat dalam. Kawasan yang memanjang dan menutupi permukaan sebuah bukit yang dibatasi oleh jajaran batu andesit besar berbentuk persegi. Di puncak gunung ini Anda dapat melihat pemandangan yang indah dan hamparan beberapa gunung, yaitu Gunung Gede, Gunung pasir Gombong, Gunung Pasir Pogor, Gunung Pangrango, dan Gunung Pasir Domas.

Situs Megalitik Gunung Padang ini sebenarnya bukan satu-satunya kompleks tradisi megalitik di Cianjur. Masih ada peninggalan tradisi megalitik di sekitar Kabupaten Cianjur yaitu di Ciranjang, Pacet, Cikalong Wetan, dan Cibeber.

Reff: wonderful indonesia

Lokasi
Situs Gunung Padang terletak di perbatasan Dusun Gunung padang dan Panggulan,Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasi tesebut dapat Anda capai 20 kilometer dari persimpangan kota dan kecamatan Warung Kondang, dijalan antara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Ditulis Oleh : al Share Hari: Senin, Juli 14, 2014 Kategori:

0 Tanggapan:

Poskan Komentar