Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung merupakan museum yang berisi materi-materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan dan mineral. Kesemuanya itu dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak tahun 1850. Museum ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1928 dan diresmikan di tahun 1929 oleh pemerintah Hindia Belanda. Selanjutnya museum ini di renovasi melalui dana bantuan JICA (Japan International Cooperation Agency).

Pada awalnya Museum Geologi Bandung berfungsi sebagai laboratorium dan tempat penyimpanan hasil penelitian geologi dan pertambangan dari berbagai wilayah di Indonesia. Berikutnya berkembang menjadi sarana pendidikan, sarana penelitian, penyedia berbagai informasi tentang ilmu kebumian, sekaligus menjadi objek pariwisata.

Kini museum ini mengalami pergeseran fungsi sesuai dengan perkembangan zaman dimana menjadi tempat pendidikan luar sekolah untuk mempelajari ilmu bumi dan pelestarian nya. Di museum ini juga menjadi tempat untuk melakukan kajian awal sebelum penelitian di lapangan. Jadi, Museum Geologi Bandung berperan sebagai pusat informasi ilmu kebumian sekaligus menggambarkan geologi bumi di Indonesia dalam bentuk kumpulan dari peraga.

Museum Geologi Bandung

Aktivitas
Sebagai objek geologi pariwisata yang menarik, di sini Anda dapat berkeliling dan melihat beberapa ruang pamernya yang meliputi 2 lantai, yaitu:

Pada lantai pertama, terbagi menjadi 3 ruang utama : Ruang orientasi di bagian tengah yang berisi peta geografi Indonesia dalam bentuk relief layar lebar yang menayangkan kegiatan geologi dan museum dalam bentuk animasi yang menarik, bilik pelayanan informasi museum serta bilik pelayanan pendidikan dan penelitian. Sementara, Ruang Sayap Barat, dikenal sebagai Ruang Geologi Indonesia, yang terdiri dari beberapa bilik yang menyajikan informasi tentang :
  • Hipotesis terjadinya bumi didalam sistem tata surya.
  • Tatanan tektonik regional yang membentuk geologi Indonesia, diwujudkan dalam bentuk maket model gerakan lempeng-lempeng kulit bumi yang aktif.
  • Keadaan geologi Sumatra, Jawa, Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara serta Irian Jaya.
  • Fosil-fosil dan sejarah manusia menurut evolusi Darwin juga terdapat di sini.
Ruang Sayap Timur yaitu Ruangan yang mengambarkan sejarah pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, dari primitif hingga masa modern, yang mendiami planet bumi ini dikenal sebagai ruang sejarah kehidupan manusia.

Pada lantai kedua, juga terbagi menjadi 3 ruangan utama: Ruang barat yang dipakai oleh staf museum, Sementara ruang tengah dan ruang timur digunakan untuk peragaan dikenal sebagai ruang geologi untuk kehidupan manusia. Di dalam Ruang Tengah Berisi maket pertambangan emas terbesar di dunia, yang terletak di Pegunungan Tengah Irian Jaya. dan di Ruang Timur Terbagi menjadi 7 ruangan kecil, yang kesemuanya memberikan informasi tentang aspek positif dan negatif tataan geologi bagi kehidupan manusia, khususnya di Indonesia.

Lokasi
Museum  Geologi terletak di Jl. Diponegoro No. 57 Cihaur Geulis Neglasari, Bandung, Jawa Barat.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
alquran-ayat

Ditulis Oleh : al Share Hari: Selasa, Juli 08, 2014 Kategori:

0 Tanggapan:

Poskan Komentar