Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan kebun botani yang dikhususkan bagi konservasi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung, paku-pakuan dan pohon tusam. Kebun ini didirikan pada tahun1852 oleh Johannes Elias Teijsman sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor pada lokasi di kaki Gunung Gede.

Luas Kebun Raya Cibodas adalah sekitar 125 hektar dengan topografi bergelombang dan berbukit-bukit di atas ketinggian 1.275 meter permukaan laut dengan suhu udara 17-27 °C. Kondisi tersebut membuatnya berudara sejuk dan ideal sebagai tempat bagi tumbuhan dataran tinggi basah. Sebuah prestasi besar bagi Kebun Raya Cibodas adalah pada tahun 1977 UNESCO menetapkan Kebun ini sebagai satu dari enam cagar biosfer yang ada di Indonesia selain Taman Nasional Gunung Leuser, Lore Lindu, Siberut, Tanjung Puting, dan Taman Nasional Komodo.

Aktivitas
Kebun Raya Cibodas selalu ramai dikunjungi banyak orang hingga jutaan pengunjung setiap tahunnya, mereka adalah pengunjung mancanegara maupun domestik dari Jakarta, Bogor, Bandung dan kota lainnya. Banyak kegiatan dan aktivitas yang dapat Anda lakukan di sini diantaranya adalah sebagai tempat untuk penelitian flora dataran tinggi basah, studi ekologi, keragaman komunitas vegetasi, inventarisasi tanaman berkhasiat obat dan masih banyak lagi.

Berbagai fasilitas sudah tersedia di kawasan Kebun Raya Cibodas, mulai dari lapangan parkir yang luas untuk menampung ratusan kendaraan roda dua maupun roda empat, ruang informasi yang dilengkapi dokumentasi Wahana Wisata Cibodas, Areal tempat bermain anak-anak, tempat ibadah mushola, teater alam terbuka, dan camping ground seluas 3 hektar yang dapat menampung hingga 200 tenda.

Kebun Raya Cibodas dimaksudkan sebagai tempat koleksi exsitu (diluar habitat) bagi tumbuh-tumbuhan tropis basah dataran tinggi. Sampai saat ini koleksi Kebun Raya Cibodas dihuni lebih dari  320 jenis tanaman anggrek, 289 jenis tanaman kaktus, 22 jenis koleksi tanaman sukulen, dan 103 jenis paku-pakuan, semuanya meliputi 1.162 jenis koleksi kebun.

Lokasi
Untuk mencapai Kebun Raya Cibodas, dari Cipanas melewati Simpang Tiga Paregrejen sejauh 5km. Dari Jakarta, Bandung dan Bogor dapat menggunakan kendaraan roda dua dan empat, bus besar dapat masuk ke dalam kawasan kebun ini. Bila Anda menggunakan bus atau colt turunlah di pertigaan Cibodas, langsung menggunakan angkutan umum rute Cipanas-Rarahan, sampai di Balai Taman Nasional Gede - Pangrango, selanjutnya Anda tinggal berjalan kaki menuju Kebun Raya Cibodas.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Ditulis Oleh : alshare Hari: Kamis, Juli 10, 2014 Kategori:

0 Tanggapan:

Poskan Komentar